Popular Posts

About Me

Sabtu, 26 Maret 2011

Perlengkapan Naik Gunung dan Cara Packingnya

Persiapan untuk menghadapi perjalanan petualangan kemanapun dan dimanapun, baik itu naik gunung, hiking, camping dan sebagainya. Penting sekali mempersiapkan diri membawa peralatan yang dibutuhkan. Lebih baik kita bawa, daripada berharap bisa kita temukan di perjalanan dengan cara membeli, namun kemudian ternyata tidak ada, jadi lebih repot lagi kaan. Lebih baik repot dan berat, tapi bawaan kita lengkap dan tidak akan mengganggu perjalanan dengan urusan tetek bengek peralatan.
Untuk perjalanan pendakian gunung dengan ketinggian 3000an mdpl, lamanya sekitar 3 hari 2 malam dg menggunakan ransel 75lt.
Yang perlu dibawa kira-kira,
Perlengkapan pribadi :
1. Pakaian cadangan 2 potong ( jangan terlalu banyak ,Pakaian cadangan ini biasanya digunakan kalau pakaian yg kita kenakan basah dan kotor.)
2. Celana pendek (1 potong)
Celana pendek biasa digunakan ketika jalan atau tidur atau ketika bersantai (tergantung kebiasaan). Kalau naik gunung dengan kondisi hutan rapat dengan semak belukar, lebih baik pakai celana lapangan panjang.
3. Celana panjang (1 potong)
Untuk cadangan bila celana utama kita basah, kotor atau robek karena satu hal.
4. Celana dalam (3 potong)
Nah ini sudah jelas, jumlah terserah saja, mau bawa satu juga boleh, biar side A, B, C, D dst silahkaaan…
5. Kaos kaki (2 potong)
Kaos kaki ini juga untuk cadangan bila kaos kaki yg satu sudah bau, kotor atau basah, tidak ada salahnya juga bawa kaos kaki tebal khusus untuk tidur agar kaki lebih hangat.
6. Sweater
Sweater sangat berguna untuk menahan hawa dingin di pegunungan agar, suhu badan tetap hangat. Kenakan sweater ini disaat aktifitas sehari-hari dan ketika tidur.
7. Raincoat / jas hujan
8. Handuk kecil
9. Topi/Bandana
10.Kaca Mata
Suhu yang terik dan menyilaukan bisa membuat mata lelah atau iritasi dan membuat mata merah, kaca mata yg mempunyai kemampuan menangkal sinar UV hingga 100% sangat dianjurkan untuk melindungi mata agar tetep fresh dan adem.
11.Kupluk
Di udara dingin terutama ketika tidur, biasanya kuping kedinginan, penggunaan kupluk bisa membuat kepala dan kuping tetap hangat. Kupluk juga melindungi bagian kepala dari dinginnya angin malam bila beraktifitas malam hari.
12.Sepatu gunung
Sepatu inilah yang terbaik dikenakan bila melakukan perjalanan di gunung.
13.Sandal jepit
Sandal jepit dipakai untuk aktifitas sehari-hari disekitar camp, agar tidak repot lepas pakai sepatu gunung.
14.Sarung tangan (2 potong)
Sarung tangan berguna untuk melindungi tangan bila trek atau jalur pendakian terjal dengan batu tajam dimana-mana, sarung tangan yang kita kenakan melindungi tangan dari goresan batu atau semak berduri yang kita pegang.  Satu lagi sarung tangan dari bahan kaos dipakai untuk tidur agar tangan tetap hangat.
15.Perlengkapan mandi
16.Pisau lipat
Pisau lipat digunakan untuk memotong segala sesuatu yang kecil seperti tali tenda yg kepanjangan, plastik yg terikat mati dan sebagainya. Pisau lipat yang lengkap biasa ada alat lain seperti pinset, tusuk gigi, gergaji, pembuka botol, gunting, dsb.
17.Notes + ballpoint
Notes dan ballpoint berguna untuk mencatat, semua tempat yg dilalui, apa yg belum dan akan dibeli, nama kontak, catatan perjalanan dsb. atau juga bisa juga untuk menulis inspirasi kilat .. hehehe
20.Gaiters
Gaiter atau penutup dari kain dari kaki hingga betis berguna dipakai bula berjalan di trek pasir, tanah berdebu, agar pasir atau tanah tidak masuk dalam sepatu.
21.Botol minum
22.Payung lipat
Payung ini sangat praktis untuk menahan air hujan yang tidak terlalu besar agar badan dan barang yang kita bawa tidak basah, sementara kita tidak sempat membungkus dengan pelastik.
23.Dll
Perlengkapan tidur :
1. Tenda
Pastikan tenda yang dibawa dalam kondisi baik, tahan terhadap hujan dan semua peralatan tenda masih lengkap seperti pasak, tali dsb
2. Sleeping bag
Setelah  tenaga terkuras habis akibat berjalan seharian, saat yang ditunggu-tunggu adalah istirahat tidur untuk memulihkan tenaga guna melanjutkan perjalanan keesokan harinya. Di gunung biasanya cuaca dingin apalagi dimalam hari dan berangin, Maka sleeping bag yang bagus dan mampu melawan suhu dingin wajib hukumnya dibawa.
3. Matras
Matras berguna agar badan kita tidak bersentuhan lengsung dengan alas tenda dan tanah yang dingin, jadi kehangatan badan dan sleeping bag kita tetap terjaga.
4. Bantal Tiup
Bantal tiup ini sebagai pengganti bantal di rumah, agar kita bisa tidur dengan nyenyak dengan beralaskan bantal bak tempat tidur kita di rumah . Bila tidak punya bantal tiup bisa juga menggunakan segala yang empuk seperti pakaian cadangan atau pantat teman kita ….:))
Perlengkapan masak :
1. Kompor
2. Botol bahan bakar (spirtus, gas, minyak tanah, bensin, dll)
3. Korek api
Korek api bisa berupa korek gas, bawa beberapa dan simpan di tempat yg mudah mudah diingat, kalau mau bawa korek biasa taruh di tempat film agar kedap air.
4. Piring, gelas, sendok, garpu
5. Pisau dapur
6. Alat masak, penggorengan , panic dsb
Bahan makanan
1. Beras
2. Minyak goreng (botol plastik, agar ringan)
3. Mie instan
4. Bumbu (kecap, sambal saos, garam)
5. Mentega
6. Telur
Taruh di tempat telur yg sudah banyak dijual di pasaran, agar tidak mudah pecah.
7. Sayuran
Perkirakan jumlahnya yg akan dibawa, karena sayuran tidak tahan lama dan mudah busuk.
8. Makanan kaleng (sarden, korned, dll)
Jangan terlalu banyak bawa makanan kaleng karena akan memberatkan ransel kita.
9. Ikan kering (ikan asin, cumi, dll)
Makanan kecil :
1. Kacang2an
2. Jelly
3. Keripik
4. Coklat
5. Permen
6. Rengginang
7. Roti
8. Biskuit
Obat2an pribadi (P3K) :
1. Antiseptik (obat merah, betadin, dll)
Untuk luka luar, jangan remehkan kena gores, lecet, sobel, teriris, cepat oleskan antiseptic sebelum luka lebih parah karena infeksi.
2. Tetes mata (rohto, visine, dll)
3. Flu, demam (decolgen, dll)
4. Sakit kepala (panadol, dll)
5. Perban (kasa steril)
6. Plester (hendyplas, hansaplas, dll)
7. Alkohol (70-90 %)
Untuk mencuci dan membersihkan luka agar steril, untuk kemudian diolesi antiseptic.
8. Obat Diare (new diatab, dll)
9. Oralit
Untuk menetralisir racun bila kita keracunan atau sakit perut karena salah makan.
10.Obat Batuk (OBH, dll)
11.Penkiller
Untuk mengurangi rasas sakit misalnya sakit gigi.
12.Keseleo (counterpen, dll)
13.Antibiotik (amoksilin, dll)
14.Termometer badan
15. Tabir Surya (Sun Block)
Panas terik matahari di pegunungan mampu membakar kulit, untuk melindungi permukaan kulit kita ada baiknya, setiap mulai melakukan perjalanan, seluruh permukaan kulit yang terbuka di olesi sun block.
16. After Sunburn
Bila ada beberapa bagian kulit badan kita memerah akibat  terbakar matahari cepat oleskan ini, untuk mengurangi kerusakan lebih parah.
18. Aspirin
Untuk mengurangi rasa nyeri
Peralatan Komunikasi dan Navigasi
1. Jam tangan
Tahu dong gunanya untuk apaa…
2. GPS
Di era sekarang GPS sudah banyak di pasaran, peralatan ini sangat membantu setiap aktifitas di luar ruang. Alat ini mampu mengetahui secara akurat (yah kira-kira)  ketinggian, koordinat ketelatakan kita, jarak, kecepatan dan memetakan perjalanan kita, sehingga kita mudah kembali ke trek semula bila tersesat.
3. Peta
Selain GPS lebih bagus lagi bila kita bawa peta topograpi, terutama di medan gunung yang sama sekali belum pernah kita daki, sehingga kita tahu posisi kita dan posisis tujuan kita dan mengetahui keadaan medan disekitar kita.
4. Kompas
Kompas sebenarnya ada di GPS namun bila ingin praktis bisa saja bawa alat kompas tersendiri, agar kita cepat tahu arah matahari terbit, kiblat dan sebagainya.
5. Mobile Phone (jika ada )
6. Satelite Phone ( jika ada )
Cara packing
Untuk membawa sedemikian banyak barang dan bisa masuk dalam ransel perlu memperhatikan beberapa hal. Tenda dan peralatan tidur seperti sleeping bag kita simpan di bagian bawah ransel, krn tidak segera kita gunakan. Lalu menyusul pakaian cadangan (siapkan satu potong kaos dan sweater untuk disimpan di bagian atas ransel). Ini berguna ketika kita beristirahat atau masak makanan, agar tidak kedinginan pakaian basah yg dikenakan selama perjalanan kita ganti dengan pakaian kering dan kemudian kenakan sweate agar lebih hangat. Menyusul kemudian taroh bahan makanan dibagian . Catatan kita sudah memilah dan memisahkan bahan makanan yg hendak kita masak di tengah jalan. Lalu kita masukan alat masak, makanan kecil dan kotak obat2 di bagian atas. Kalau ransel kita ada kantong di bagian luar, bagus kita masukan tisu kering/basah (ini berguna bila kita sewaktu-waktu hendak buang air besar), kantong lain bisa kita isi makanan kecil dan minuman.
Sebelum peking memasukan barang bawaan kedalam ransel, pastikan barang yang mudah basah dan tidak boleh basah sudah di bungkus plastik agar, tidak basah kena hujan.Yang wajib dibungkus rapat pelastik adalah sleeping bag, pakaian cadangan dan semua bahan makanan yang mudah rusak bila kena air. Juga semua peralatan elektronik yang kita bawa, spt hp, pemutar music dsb. Setelah dipastikan semua tersusun rapi dan masuk semua dalam ransel, tidak ada yang tertinggal dan tidak ada yang digantung-gantung di luar ransel, kemudian ransel kita bungkus dengan cover plastik (rain cover) agar ransel lebih tahan dari siraman air hujan dan goresan kayu dan batuan tajam yang akan merusakan ransel kita.
Selamat mengemas peralatan, selamat bertualang….jangan lupa berdoa.
Salam jejak'ers

Related Post | Artikel Terkait



Comments :

0 komentar to “Perlengkapan Naik Gunung dan Cara Packingnya”

Posting Komentar

 

Copyright © 2011 by Ndozz Hikyng Community

Template by Blogger Templates | Powered by Blogger