Popular Posts

About Me

Senin, 28 Maret 2011

Kasiat Buah Arbei


Sebagai pendaki gunung pasti anda sudah tidak asing lagi dengan yang namanya buah Arbei . ya buah yang tumbuh pada ketinggian dan rasanya agak kecut dan tumbuh secara liar di alam pegunungan ( namun sekarang buah arbei ini sudah banyak di budi dayakan, jadi buat anda yang belum pernah atau tidak hobby mendaki anda bisa mendapatkannya di tempat2 tertentu , mall , supermarket misalnya , karena saya pernah mengetahui di supermarket di daerah bali ).
Buah arbei masuh satu keluarga dengan Strawberry, blueberry, rasberry, dan cranberry merupakan buah dari keluarga berry yang memiliki bentuk dan warna yang cantik,  tahukan anda ?
selain buahnya yang membuat lidah kita mengeluarkan air liur kalau melihatnya ternyata buah arbei juga mempunyai banyak manfaat dan Di antara keluarga berry, arbei adalah yang memiliki jumlah antioksidan tertinggi.  , apakah manfaatnya ?? mari di simak .
dari menelusuri sumber2 yang memuat tentang arbei ,

  1. Saponin (glikosida yang banyak ditemukan dalam tumbuhan)
  2. Favonoida (merupakan senyawa kimia aktif yang telah berhasil diteliti, dikenal dengan nama silimarin dari tumbuhan Silybum marianum L. Hasil penelitian menunjukkan bahwa silimarin dapat dipakai sebagai obat atau perlindungan dari penyakit hati/anti hepatotoksik action)
  3. Ppolifenol (berfungsi sebagai antioksidan)
  4. Memiliki sifat antioksidan
  5. Memiliki sifat antibakteri
  6. Vitamin C
sedangkan khasit dari buah arebi sendiri adalah 
  1. obat sariawan. Untuk obat sariawan dipakai 10 gram buah segar arbei, dicuci, kemudian dimakan sekaligus.
  2. Diduga dapat membantu melawan kanker
  3. Mengobati maag ( buah dibuat jus lalu diminum)
  4. Membantu melawan tifus
  5. Meringankan gejala diare
  6. menambah kekebalan tubuh
  7. mencegah atau mengganggu proses yang dapat mengarah ke pembentukan sel-sel kanker.
  8. menjaga gigi dan gusi agar tetap sehat. ( karna mengandung Vitamin C )
Sebagian besar buah berry mengandung antioksidan (vitamin A dalam bentuk beta-karoten, vitamin C, dan E). Oleh karena itu, buah berry sangat penting untuk kekebalan tubuh karena dapat menetralkan radikal bebas yang bertanggung jawab atas gangguan dalam tubuh. Buah berry dapat melindungi tubuh dari infeksi. Kandungan antioksidan yang tinggi membuat berrymampu membersihkan tubuh secara mendalam dan menunda proses penuaan. 
Buah yang bernama latin Fragaira vesca ini, tampilan fisiknya cukup menggoda. Dengan warna merah menyelimuti tubuh si buah ini, arbei memang tampak memikat. Di Indonesia, buah ini tumbuh di dataran tinggi.
Berdasarkan Daftar Komposisi Bahan Makanan (DKBM), dalam 100 gram arbei terkandung energi sebanyak 37 kkal, protein 0,8 gr, lemak 0,5 mg, karbohidrat 8,3 gr, asam folat 30 mcg, kalsium 28 mg, fosfor 27 mg, Fe 0,8 mg, vitamin A 60 SI (Satuan Internasional), vitamin B1 0,003 mg, dan air 89,9 gr.

Arbei juga merupakan sumber vitamin dan mineral untuk menghasilkan sumber tenaga. Arbei sekaligus kaya akan vitamin C, yaitu 60 mg. Jumlah ini setara dengan kebutuhan harian.
Meski tinggi vitamin C dan rasanya asam, namun vitamin c tidak memberikan efek samping yang membahayakan bagi lambung.

bagaimana ?? meskipun buahnya sangat kecil . namun khasiat dari buah arbei sangat tinggi .. jika anda sudah mulai tergiur saat ini . segera saja berburu Arbei sambil menikmati indahnya alam pegunungan :-)


Salam Jejak'ers


Related Post | Artikel Terkait



Comments :

0 komentar to “Kasiat Buah Arbei”

Posting Komentar

 

Copyright © 2011 by Ndozz Hikyng Community

Template by Blogger Templates | Powered by Blogger